Baru Beli Laptop ? 7 Tips Ini Wajib Kamu Simak Baik Baik

7 Tips Untuk Kamu yang Baru Beli Laptop – Adanya laptop bisa sangat membantu berbagai pekerjaan para siswa, mahasiswa maupun karyawan kantor. Dengan laptop kita bisa mengerjakan berbagai hal dengan lebih mudah dan efisiensi waktu yang lebih baik. Meski dengan ukuran yang lebih kecil daripada PC, laptop saat ini juga sudah didukung dengan spesifikasi tinggi yang membuatnya mampu mengerjakan proses berat seperti editing video dan rendering.

Untuk kamu yang baru saja membeli laptop baik baru atau pun bekas, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Beberapa hal ini berguna untuk membuat laptop Anda lebih mudah digunakan, lebih nyaman serta terlindungi dengan baik. Nah, simak apa saja yang harus kamu lakukan setelah membeli laptop.

1. Update sistem operasi

Setelah membeli laptop sebaiknya kamu segera memperbarui versi sistem operasinya. Akan lebih baik lagi jika kamu membeli lisensi resmi sistem operasi, misalnya Windows. Dengan menggunakan lisensi resmi ini laptop kamu akan lebih aman dan tentunya bisa mendapatkan pembaruan berkala dari Windows.

2. Hapus bloatware

Bloatware merupakan software yang biasa diberikan atau dipasang oleh produsen. Meski pun ada juga produsen yang tidak memasukan bloatware ke dalam laptop, namun jika kamu menemukan ini dalam laptopmu segera hapus. Ciri bloatware biasanya berupa beberapa jenis aplikasi yang sebenarnya tidak kamu butuhkan namun sudah terinstall di laptop kamu. Segera hapus bloatware ini sampai ke akar untuk mengurangi beban laptopmu.

3. Install software antivirus

Semua laptop dengan berbagai sistem operasi membutuhkan adanya antivirus, bahkan untuk sistem operasi Mac dan Linux. Dengan antivirus kita bisa menangkal virus, malware, dan sejenisnya yang bisa membahayakan laptop kita, apalagi laptop baru. Lebih baik lagi jika kamu membeli lisensi resmi antivirus sesuai dengan kebutuhanmu, biasanya lisensi resmi dijual dengan harga yang lebih murah di beberapa reseller antivirus.

4. Install software anti pencuri

Kehilangan laptop akibat pencuri memang berat, namun yang lebih berat lagi adalah kehilangan data-data penting di dalamnya. Karena itu kamu harus siap dengan hal seperti ini dengan memasang aplikasi anti pencurian yang berguna untuk melacak laptopmu. Jika kamu menggunakan Windows 10 maka kamu beruntung karena di versi ini sudah built-in fitur yang disebut “Find My Device”. Sedangkan untuk aplikasi lain atau jika kamu menggunakan perangkat Mac atau Linux, kamu bisa menggunakan aplikasi gratis seperti Prey.

5. Optimalkan penggunaan baterai

Karena sumber daya utama laptop adalah baterai, mengoptimalkan baterai perlu dilakukan untuk mendapatkan masa pemakaian yang lebih lama. Kamu bisa mengurangi kecerahan layar serendah mungkin, namun tetap nyaman di mata. Selain itu kamu juga bisa mempertimbangkan penggunaan mode Hibernate atau Sleep saat sedang bepergian.

Jika kamu orang yang suka browsing, memilih browser yang tepat juga perlu diperhatikan. Gunakanlah browser yang menawarkan fitur hemat daya.

6. Perhatikan penggunaan untuk meminimalisir overheat

Meski laptop yang muncul saat ini sudah didesain sedemikian rupa untuk mampu menghilangkan panas di dalamnya, tetap saja kebiasaan pengguna menjadi perhatian utama. Misalnya jangan letakkan laptop di permukaan lunak seperti kasur, bantal atau karpet karena tidak dapat mengalirkan panas laptop dan berdebu.

Alangkah lebih baik jika kamu membeli fan laptop untuk menahan bagian bawah laptop sekaligus membantu mendinginkan laptop. Hardware laptop yang overheat akan menurunkan performa CPU dan dapat mempersingkat jangka waktu pemakaian HDD atau SDD laptop.

7. Atur sistem sesuai keinginan

Saat pertama membeli laptop tentu segala pengaturannya default. Nah, untuk mempermudah pemakaian kamu, atur wallpaper, tata letak, dan tweak lainnya sesuai dengan keinginanmu.