Cara Jitu Mengatasi Printer yang Error dan Rusak

mengatasi printer rusak

Cara Mengatasi Printer Error dan Rusak – Di zaman sekarang, mesin memang sudah membawa banyak perubahan dalam kehidupan manusia, pekerjaan yang dulunya memakan waktu dan tidak efisien menjadi praktis dan efisien dengan bantuan mesin. Contohnya seperti printer, mesin yang satu ini memiliki manfaat yang cukup penting didalam pekerjaan sehari-hari. Printer berfungsi untuk mencetak data tulisan atau gambar ke dalam lembaran kertas. Sebelum ada printer, pekerjaan umum seperti di kantor dapat memakan waktu yang lama karena pengerjaan nya yang masih serba manual.

Sudah bukan rahasia lagi jika printer memang memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia jaman sekarang. Oleh karena itu, Pemahaman tentang seluk-beluk printer juga harus ditingkatkan. Pemahaman nya bisa meliputi cara-cara penggunaan nya, pengenalan komponen printer, dan cara troubleshooting printer jika terjadi kerusakan atau error. Kerusakan atau error pada printer memang sering terjadi. Meskipun error yang terjadi tergolong ringan, terkadang masih banyak yang belum mengetahui pesan error yang ditampilkan di printer dan tidak mengerti cara mengatasinya.

Sebenarnya, mengatasi error pada printer tidaklah sulit. Kita hanya perlu tahu dan memahami pesan error yang ditampilkan di printer tersebut. Berikut ini Solusiservis.com sudah merangkum berbagai pesan error yang sering ditampilkan pada printer dan cara mengatasinya. Biasanya jika terjadi error, maka lampu printer akan berkedip dan pesan error muncul setelahnya. Langsung saja simak rangkumannya dibawah.

Baca Juga : Ingin Membeli Printer ? Simak Tips Berikut Agar Kamu Tidak Salah Pilih

Cara Mengatasi Printer Error dan Rusak

1. Printer Canon MP287 dan Canon MP285

Error E02 (Kertas Printer Habis)

Jika muncul kode error seperti ini, maka itu tandanya kertas yang ada di printer telah habis. Solusinya cukup tambahkan kertas dan coba jalankan kembali. Namun jika masih muncul pesan error E02, maka kamu dapat mengeluarkan semua kertas dan masukkan kembali kedalam printer. Hal itu bertujuan agar printer dapat mendeteksi kertas yang masuk.

Error E03 (Kertas Tersangkut)

Error E03 adalah pesan error yang muncul ketika ada kertas yang tersangkut di bagian dalam printer dan menyebabkan printer tidak berfungsi secara normal. Solusinya, keluarkan kertas yang tersangkut secara hati-hati. Jika tidak terdapat kertas yang menyangkut, kemungkinan ada benda lain yang secara tidak sengaja tersangkut kedalam printer. Pastikan bagian roller printer tidak terdapat benda atau kertas yang dapat menyangkut dan mengganggu kinerja printer.

Error E04 dan Error E05 (gangguan pada cartridge)

Pesan error yang satu ini memiliki arti yaitu cartridge tidak terpasang atau terdeteksi dengan baik. Kamu dapat mengatasinya dengan cara membersihkan cartridge menggunakan tisu pada bagian tembaganya dan periksa apakah ada kotoran atau air yang mengganggu. Setelah itu pasang kembali cartridge pada printer.

Error E07 (Cartridge tidak terpasang dengan benar)

Masih di masalah pada cartridge, untuk pesan error yang satu ini berarti cardridge yang terpasang tidak dapat terbaca karena posisi pemasangan yang salah. Solusinya, lepas cartridge dari printer dan pasang cartdridge sesuai posisi yang benar. Setelah itu nyalakan printer dan lihat apakah sudah terbaca atau tidak. Jika masih sama error, kamu bisa reset printer kamu agar dapat kembali normal.

Error E08 ( Ink Absorber is Almost Full)

Pada printer, terdapat sebuah komponen yang berperan untuk menyerap tinta yang tumpah atau menetes dari cartridge. Jika komponen ini sudah terisi penuh dan tidak dapat menyerap tinta yang menetes, maka kinerja printer akan terhambat. Solusinya, kamu dapat lepaskan absorber dari printer dan bersihkan hingga bersih. Setelah itu, pasang kembali di posisinya semula dan nyalakan kembali printer kamu.

Error E13 dan Error E16 (Tinta Hampir Habis)

Error ini dapat muncul ketika tinta yang ada di printer kamu mulai habis. Akan tetapi, jika kamu cek masih ada tinta didalam printer, maka kamu dapat menekan tombol stop/resume yang terdapat pada printer. Setelah itu coba gunakan kembali apakah sudah berfungsi normal atau tidak.

Error P02 (Error Cartridge)

Pesan error yang satu ini memiliki arti yang hampir sama dengan pesan error E03. Masalah ini dapat terjadi karena ada benda yang masuk dan tersangkut kedalam printer. Selain itu, bisa juga disebabkan karena komponen encoder yang terpasang sudah kotor dan harus dibersihkan.

2. Printer Canon MG2500

Error 1000

Pesan error ini dapat muncul ketika kertas yang terdapat pada tray telah habis. kamu dapat mengatasinya dengan cara mengisi kembali kertas ke printer dan tekan tombol reset agar printer dapat digunakan kembali.

Error 1203

Error ini dapat terjadi karena penutup printer yang terbuka saat proses printing terjadi. Hal tersebut dapat menyebabkan posisi cartridge berpindah menjadi recovery. Tutup kembali penutup printer dan tekan tombol reset agar printer kembali normal.

Error 1300

Untuk yang satu ini masalahnya sama dengan error 03 yang sudah saya jelaskan diatas, terdapat benda asing yang masuk dan mengganggu jalannya proses printing. Cek bagian roller atau penggulung pada printer dan pastikan tidak terdapat benda atau kertas yang tersangkut di bagian tersebut.

Error 1401, Error 1403, Error 1485 dan Error 1687

Semua error ini juga masih sama masalahnya dengan pesan error E07, yaitu masalah pemasangan cartridge yang tidak dilakukan dengan benar. Silahkan Cabut cartridge dan pasang kembali hingga printer kembali normal.

Error 1684

Untuk error yang satu ini, masalahnya masih seputar cartridge. Ada dua kemungkinan untuk pesan error ini, yaitu pemasangan cartridge yang tidak sesuai atau memang komponen cartridge yang harus diganti dengan yang baru. Namun sebelum kamu mengganti cartridge, kamu dapat mencoba menekan dan tahan tombol reset selama 5 detik. Jika cara tadi tidak berhasil maka memang seharusnya komponen cartridge diganti dengan yang baru.

Demikian adalah cara mengatasi error pada printer yang dapat kamu coba untuk memperbaiki printer error. Semoga cara tadi dapat menjadi solusi untuk kamu yang bingung cara memperbaiki printer yang error atau rusak.

Namun jika memang sudah terjadi kerusakan atau gangguan pada printer, kamu dapat menanyakan langsung kepada kami untuk solusinya. Solusiservis dapat membantu anda yang memiliki gangguan atau kerusakan pada perangkat seperti laptop, printer, komputer, dll dengan harga yang terjangkau dan pengerjaan yang rapi.

Call : 082232041000 / 08123120611