Cara Ampuh Mencegah Harddisk Bad Sector dan Rusak

harddisk bad sector Cara Mencegah Harddisk Tidak Rusak dan Bad Sector – Hadirnya CPU dan GPU memang penting dalam hal kinerja komputer. Namun dengan bantuan Harddisk, Kinerja laptop atau komputer akan lebih maksimal dalam penyimpanan data. Dengan harddisk, kamu dapat menyimpan data, baik itu data pribadi ataupun data yang terinstall di system komputer kamu.

Dengan peran penting tersebut, tentunya diperlukan perawatan rutin agar harddisk atau HDD yang ada di komputer tidak cepat rusak atau bad sector. Harddisk bad sector dapat menjadi masalah besar yang terkadang sulit diatasi dan mengganggu kinerja komputer kamu dalam hal penyimpanan data. Untuk mencegahnya, kamu dapat menyimak tips dibawah ini agar harddisk komputer atau laptop kamu tetap awet dan performanya tetap terjaga.

Cara Jitu Mencegah Harddisk Rusak atau Bad Sector

Banyak penyebab yang dapat membuat harddisk rusak dan bad sector. Antara lain seperti benturan, virus, atau kebiasaan buruk user. Untuk mencegah Harddisk Bad Sector, lakukan cara dibawah ini :

1. Jangan Mematikan Laptop atau Komputer Tanpa Men-shutdown Terlebih Dahulu

shutdown laptop

Saat mematikan laptop dengan shutdown, sistem akan menyimpan data yang sebelumnya kamu kerjakan agar tidak hilang saat komputer atau laptop kamu mati. Namun jika kamu langsung mematikan tanpa shutdown terlebih dahulu, harddisk akan berhenti mendadak dan mengakibatkan kerusakan pada silinder harddisk. Selain itu, saat kamu menjadi terbiasa mematikan PC atau laptop tanpa shutdown, registry laptop akan menjadi berantakan dan membuat performa HDD menjadi lambat dan resiko kerusakan menjadi semakin besar.

2. Atur Jadwal Rutin Defrag Harddisk

defrag harddisk

Saat kamu menggunakan laptop atau PC untuk browsing, membuka aplikasi, atau saat menyimpan dokumen, terkadang membuat file menjadi terpecah menjadi beberapa bagian dan tersimpan di sistem. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat melakukan defrag harddisk. Defrag harddisk adalah langkah untuk menata kembali file-file yang ada di sistem agar menjadi lebih rapi, sehingga performa harddisk menjadi lebih optimal.

Defrag Harddisk penting dilakukan agar HDD yang ada di laptop atau komputer kamu menjadi lebih sehat dan terhindar dari masalah harddisk bad sector. Langkah defrag HDD dapat dilakukan menggunakan software utilitas yang menyediakan fitur defrag harddisk. Kamu dapat mengatur jadwal kapan harus men-defrag harddisk agar performa harddisk tetap terjaga.

3. Lakukan Partisi Harddisk

partisi harddisk

Partisi harddisk adalah langkah untuk memecah ukuran harddisk menjadi beberapa bagian. Saat kamu menginstall OS atau sistem operasi di laptop, pasti akan diminta untuk melakukan partisi harddisk. Langkah partisi ditujukan agar harddisk laptop atau komputer kamu terhindar dari kerusakan. Dengan memecah harddisk menjadi beberapa ukuran yang berbeda, kamu dapat mengatur penyimpanan data kamu.

Partisi pertama dapat kamu gunakan untuk menyimpan atau menginstall aplikasi, sedangkan partisi kedua dan seterusnya dapat kamu gunakan untuk menyimpan data pribadi kamu. Jangan sampai HDD atau harddisk komputer kamu menjadi penuh, karena akan mengakibatkan penurunan performa harddisk.

4. Hindarkan Laptop Dari Benturan dan Guncangan

harddisk bad sector

Untuk kamu yang menggunakan laptop, kamu dapat mencegah harddisk rusak dengan menghindari benturan atau guncangan pada laptop. Laptop yang terguncang atau terbentur benda lain dapat mengakibatkan komponen yang ada pada laptop beresiko mengalami kerusakan, termasuk harddisk. Untuk itu, pastikan laptop kamu selalu aman dan terhindar dari guncangan dan benturan agar performa laptop awet dan tidak mengalami kerusakan.

5. Jangan Menggunakan Laptop Diatas Kasur

harddisk bad sector

Saat digunakan, kinerja pada VGA dan CPU membuat suhu laptop menjadi meningkat. Jika kamu menggunakan laptop diatas kasur, panas yang dihasilkan komponen tadi tidak dapat keluar dan terhalang oleh kasur, dan kasur memiliki sifat menyerap panas sehingga panas tersebut tidak terbuang dengan baik.

Akibatnya, laptop menjadi semakin panas dan komponen laptop beresiko mengalami kerusakan. Komponen yang memanas dapat mengakibatkan performa laptop menjadi berkurang, termasuk harddisk. Untuk itu, jangan dibiasakan menggunakan laptop diatas kasur dan jika terpaksa, kamu dapat menambahkan cooling pad dibawah laptop agar suhu laptop tetap stabil.

6. Gunakan Antivirus

harddisk bad sector

Selain masalah tadi, Kerusakan Pada Harddisk juga dapat disebabkan oleh serangan virus. Untuk Mencegahnya, kamu dapat menginstall antivirus agar laptop atau komputer kamu terhindar dari virus. Virus dapat mengakibatkan kinerja harddisk melemah dan seringkali menjadi bad sector.

Itulah Cara Ampuh Mencegah Harddisk Tidak Rusak dan Bad Sector yang dapat kamu terapkan untuk menjaga harddisk. Jika harddisk laptop atau komputer kamu sudah terlanjur bad sector dan rusak, kamu dapat membawanya ke tempat kami untuk kami periksa.

Solusiservis.com menawarkan jasa servis laptop dan servis komputer dengan harga bersahabat. Selain itu, untuk kamu yang merasa ada kendala pada laptop atau PC, kamu dapat membawanya ke kantor kami dan akan kami periksa, GRATIS!. Selain servis, kami menyediakan layanan lain seperti jasa install ulang windows, linux, Mac, serta aplikasi lain seperti AUTOCAD, Photoshop, SPSS, dan jasa menambah RAM juga tersedia di SolusiServis.

Untuk info lebih lengkap hubungi :

Rohman 082232041000 / 0812-5935-2888

Alamat kantor :

Jl. Raya Kedung Asem No.47, Kedung Baruk, Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293