Home   News   Solusi dan Tips Dasar Servis Laptop

Solusi dan Tips Dasar Servis Laptop

Berikut ini gejala yang timbul pada laptop dan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi kendala yang ada

  1. Masalah pada LCD

Beberapa gejala pada LCD bisa saja terjadi seperti gambar tiba-tiba berubah menjadi putih semua, gambar bergoyang, gambar berkedip waktu buka tutup

Solusi: untuk masalah ini ada hubungannya dengan motherboard karena intinya ada pada kabel LCD atau LED. Pastikan kabel yang terhubung ke motherboard tidak berdebu, ada semut, atau kotoran lain. Bersihkan dengan hati-hati kemudian pasang lagi untuk yang terakhir pakaikan isolasi pada kabel sehingga benar-benar menempel pada LCD.

  1. Booting LED nyala kemudian mati

Maksudnya ada tanda bahwa laptop menyala tapi bukan karena kerusakan tidak sampai beberapa menit mati kembali.

Solusi: untuk kasus ini memang agak berat karena berhubungan dengan papan induk. Lepas dan bongkar laptop kemudian ambil processornya dan bersihkan. Bersihkan processor dan mainboardnya, terutama pada bagian fan atau kipas.

  1. Lampu menyala saat di nyalakan tetapi tidak muncul di layar

Coba cek apakah LCD masih bekerja dengan baik. Sambungkan laptop ke monitor lain atau coba dengan LED milik CPU. Jika disana muncul gambar berarti LCD rusak. Namun jika masih tidak menyala juga LCD aman dan beralih ke RAM. Lepas RAM dan bersihkan, pasang lagi dan test, jika hasilnya tidak berbeda di mungkinkan kerusakan pada mainboard.

  1. Nebook mati, saat charger di pasang lampu indikator berkedip

Kasus ini lumayan berat, bisa karena kualitas charger yang kurang bagus, atau saat itu baterai benar-benar dalam keadaan habis sehingga ada waktu sampai 10% baterai terisi baru dia akan menyala lagi, namun jika tidak ada perubahan itu artinya penyebab utama adalah mainboard

  1. LCD Kadang berwarna putih atau mati setelah beberapa menit

Biasanya dalam kasus ini yang bermasalah adalah kabel inverter, yaitu kabel yang digunakan pada LCD laptop kemudian baru ke motherboard, ganti dengan yang baru atau ceck apakah masih bagus atau tidak.

  1. DVD atau optic tidak terdeteksi

Solusi untuk masalah ini adalah lepas optic dan bersihkan konektor atau socketnya, jika tidak bisa juga mungkin socket yang ada pada maiboard memang sudah rusak.

  1. DVD terdeteksi tapi tidak bisa membaca

Dalam kasus ini ganti opticnya lepas DVD dan ganti optic dengan yang lain

  1. Wi-fi tidak bisa akses internet

Lakukan repai, caranya: klik icon wireless, klik repair pada WinXP/repair and diagnosis pada WinVISTA

Klik kanan My Computer, Klik Manage, Klik Services and aplication, Klik Services, Klik WLAN AutoConfig pada WinVISTA/Windows zero configurating pada WINXP, klik tulisan stop, klik tulisan Restart. Untuk lebih mengetahui secara detail bisa menyimpulkan dari teman teman yang berdiskusi tentang laptop di forum laptop. Untuk mempermudah service siapkan alat alat yang akan digunakan untuk service. Juga baca cara service dengan teliti dan benar agar tidak menyisakan secrup atau baut.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *